Malaria

Harga :   Rp. 155.000,-

FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS
Jenis Produk, Jumlah#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP
KIRIM KE 081210110323

Malaria adalah salah satu masalah kesehatan penting di dunia. Secara umum ada  4 jenis malaria, yaitu tropika, tertiana, ovale dan quartana. Di dunia ada lebih dari 1 juta meninggal setiap tahun, 80% diantaranya di Afrika. Secara umum diperkirakan ada sekitar 3 milyar pasien malaria diseluruh dunia.

Di Indonesia angka malaria di tahun 2009 adalah
1, 85 perseribu penduduk. Angka ini menurun / membaik dari tahun2 sebelumnya, yaitu :
–  2008 : 2,47 perseribu penduduk
–  2007 : 2, 89 perseribu penduduk
–  2006: 3,14 perseribu penduduk
–  2005 : 2,93 perseribu penduduk.

Pada 25 Juli 2011 pagi hari Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI menerima External Review Malaria Team, yang terdiri dari pakar malaria internasional (juga dari kantor pusat WHO) yang akan membantu membantu memotret, menganalisa dan memberi masukan guna perbaikan program penanggulangan malaria di Indonesia.

Beliau meminta team (yang akan bekerja dalam 2 minggu mendatang) untuk mereview a.l tentang :

– Situasi umum malaria dan terjadinya KLB di beberapa tempat
– Evaluasi target eliminasi malaria dinegara kita sampai tahun 2030 mendatang
– Data malaria kita dalam kaitannya dengan target Millenium Development Goal (MDG), baik MDG 1 (kemiskinan), MDG 4 (kematian Ibu), MDG 5 (kematian anak) dan MDG 6 (penyakit menular).

Penanggulangan penyakit malaria yang disebabkan nyamuk anopheles tidak bisa hanya dilakukan Dinas Kesehatan, namun harus lintas sektoral yakni melibatkan pemangku kepentingan lainnya.

Pengamat kesehatan, dr Umar Zein, di Medan, Selasa, mengatakan, penangggulangan penyakit malaria tidak bisa hanya dilakukan secara spontan saja, namun seharusnya dilakukan terus menerus dengan melibatkan berbagai pihak.

“Penyakit malaria menyangkut masalah lingkungan yang tidak bisa diubah. Artinya setiap saat kita harus selalu memperhatikan kebersihan lingkungan, terutama tempat-tempat yang memungkinkan berkembangnya nyamuk penyebab malaria tersebut,” katanya menanggapi merebaknya malaria di Kecamatan Muara Batanggadis, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Menurut dia, penanggulangan malaria yang terjadi di kecamatan tersebut, Dinkes harus melakukan penyediaan obat-obatan, kelambu, rumah sakit dan juga puskesmas.

Untuk lebih meningkatkan penanggulangan malaria ini, menurut dia, harus ada program yang terstruktur dan terkoordinasi. Artinya, Dinas Kesehatan harus melakukan koordinasi dengan lintas sektor lainnya.

“Ini tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, harus terkoordinasi,” katanya.

Kepala Seksi Penanggulangan Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Dinkes Sumut, pihaknya sudah menurunkan tim surveilanse terkait adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) Malaria di Desa Tabuyung, Kecamatan Muara Batanggadis, Kabupaten Mandailing Natal, Sumut.

“Kita sudah menurunkan tim ke desa tersebut sejak Kamis (5/5) guna menindaklanjuti banyaknya warga di desa tersebut yang diduga terserang malaria,” katanya.

Saat ditanya kategori KLB ia mengatakan,  tingkat kasus malaria dua kali lipat dibanding dengan bulan sebelumnya, selain kategori-kategori lainnya.

“Makanya tim kita turun ke sana untuk melakukan pemeriksaan. Soal berapa jumlah penderita malaria disana pada bulan sebelumnya, saya belum dapat informasi dari tim,” katanya.

Ia juga mengatakan, tim yang diturunkan ke desa tersebut sudah melakukan penanganan seperti pemeriksaan kembali darah untuk memastikan apakah benar positif atau hanya demam biasa.

“Malaria positif juga disertai demam. Ini dari segi klinis. Untuk itu perlu pembuktian lebih lanjut melalui pemeriksaan darah,” katanya.

Sebelumnya pada Bulan Mei 2011 selama tiga hari, 700 warga terdeteksi secara klinis dan sebanyak 91 warga di Desa Tabuyung, Kecamatan Muara Batanggadis, Kabupaten Mandailing Natal dinyatakan positif mengidap penyakit malaria.

#dari beberapa sumber

Perihal lataghdhab
Herbal Shop Al-Khair | Mudah, Aman dan Amanah | Segala Kebaikan Obat Ada di Thibbun Nabawi dan Herbal Alami :: FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS :: Jenis Produk, Jumlah#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP#Bank KIRIM KE 081210110323. Barokallahu fykum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: